Bengkulu Tengah Budaya Daerah metropolis Pariwisata 

Masuk 100 Besar Desa Wisata Indonesia 2022, Desa Penembang Gelar Penembang Fest

Share it

Bengkulu Tengah, sc – Usai terpilih sebagai 100 besar desa wisata Indonesia Tahun 2022, desa Penembang kecamatan Merigi Kelindang Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar festival seni budaya bertajuk Penembang Fest 2022, Sabtu (1/10/2022) di desa tersebut.

Wakil Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah yang turut hadir dalam festival sangat mengapresiasi desa Penembang yang masuk 100 besar desa wisata di Indonesia.

“Desa Penembang telah menjadi salah satu desa wisata karena daya tarik yang dimilikinya,” ujar Wagub Rosjonsyah.

Dengan capaian ini, dirinya berharap Pemkab Bengkulu Tengah terus meningkatkan inovasi kreatif dalam mengembangkan wisata lokal.

“Ini juga sesuai arahan presiden agar objek wisata yang ada didaerah terus digalakkan agar bisa ikut menekan inflasi,” ungkap Rosjonsyah.

Selain itu, dengan adanya desa wisata, Rosjonsyah meminta masyarakat tidak hanya berpikir mengenai cara mendapatkan pekerjaan. Namun, mulai berfikir bagaimana cara menciptakan lapangan pekerjaan di desa.

“Oleh karena itu, untuk mendukung kesuksesan desa wisata, harus diiringi dengan peningkatan kualitas SDM-nya,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, ini salah satu upaya pemerintah kabupaten untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, mengurangi kemiskinan, bentuk pelestarian alam, serta memajukan seni dan kebudayaan.

“Semoga dengan adanya pergelaran seni dan budaya di desa wisata Panembang ini,akan terus memperkenalkan wisata – wisata yang ada di Provinsi Bengkulu dan terkhususnya di Kabupaten Bengkulu Tengah, karena objek wisata di Kabupaten Bengkulu Tengah begitu banyak dan bagus,” ujar Wagub kemudian.

Untuk diketahui, dalam PENEMBANG FEST 2022  terdapat berbagai pagelaran wisata dan budaya. Antara lain, Bazar Durian, bazar durian lokal premium, olahan durian, durian kupas dan juga durian tembaga. Lomba sarafal Anam, jelajah Alam dan Air terjun, Festival Permainan Tradisional, festival 100 obor, Festival meriam bambu serta pentas seni. (rh)

Related posts

Leave a Comment